TUGAS TERSTRUKTUR KEWIRAUSAHAAN “Mengamati E-Commerce Lazada dan Qoo10 Indonesia”
TUGAS
TERSTRUKTUR KEWIRAUSAHAAN
“Mengamati
E-Commerce Lazada dan Qoo10 Indonesia”
Tugas
terstruktur dalam rangka memenuhi kewajiban dalam pembelajaran mata kuliah
Kewirausahaan di Jurusan Kesehatan
Masyarakat FIKES UNSOED Purwokerto
Disusun Oleh:
KELOMPOK 9
Nuri Dyah Ayu Pitaloka G1B014062
Nisrina Alifah G1B014063
KEMENTERIAN
RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS
JEMDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS
ILMU-ILMU KESEHATAN
JURUSAN
KESEHATAN MASYARAKAT
PURWOKERTO
2017
LAZADA
INDONESIA
A.
PROFIL
Lazada.co.id
merupakan bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online nomor
satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di Indonesia, Malaysia,
Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Menjadi pionir di bidang e-commerce,
Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang mudah bagi konsumen dan akses
langsung pada database konsumen terbesar di Asia Tenggara (Lazada Indonesia). Lazada
merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel
e-commerce, hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet
asal Jerman yaitu Rocket Internet. Roket internet juga telah sukses menciptakan
berbagai perusahan-perusahaan yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan
dunia, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman. Proyek yang dimiliki Rocket
Internet lainya di Indonesia antara lain zalora, foodpanda, traveloka. Setelah
lazada mampu berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak
terlibat dalam kegiatan operasionalnya. Pada saat ini Rocket Internet lebih berperan
dari segi investasi dan pendanaannya. Selain Rocket Internet, lazada juga
mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor besar seperti; JP Morgan,
Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Access
Industries, dan Verlinvest dengan total pendanaan sekitar $ 520 miliyar (Azmi,
2015).
1.
Elektronik meliputi handphone dan
tablet, komputer dan laptop, TV, kamera, wearables dan gaming.
2.
Fashion wanita meliputi pakaian,
pakaian muslim, jam tangan accesories, tas, sepatu, kacamata, perhiasan dan
pakaian anak perempuan.
3.
Fashion pria meliputi pakaian,
pakaian muslim, jam tangan accesories, tas, sepatu, kacamata, perhiasan dan
pakaian anak laki-laki.
4.
Peralatan rumah tangga meliputi
elektronik rumah tangga, perlengkapandapur, furnitur dan pemeliharaan rumah.
5.
Kesehatan dan kecantikan meliputi
perawatan kulit, perawatan diri, makeup, parfum, alat kesehatan dan kecantikan,
alat medis, suplement makanan dan KB atau alat kontrasepsi.
6.
Bayi dan mainan anak
7.
Olahraga dan Travel
8.
Grocheries, Otomotif dan Media
Terdapat pula
sub menu Highlight yang merupakan penawaran dan promo-promo yang ada di lazada.
Submenu lainnya yaitu toserba kilat, namun hanya ada toserba kilat surabaya dan
medan.
(Lazada Indonesia)
B.
TAHUN
BERDIRI
LAZADA
Indonesia didirikan pada Maret 2012 dan
merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara.
C.
SISTEM
Sistem yang
digunakan dalam lazada adalah sistem online, dengan aneka macam produk yang
dijual oleh banyak orang yang menjadi seller. Sistem ini meliputi :
1. Sistem pembelian
Metode
Pembayaran Perusahaan merepakan sistem pembayaran secara online sesuai dengan
segmen perusahaan yaitu penjualan secara e-commerce. Sebelum pembayaran
dilakukan pembeli terlebih dahulu pemesanan barang. Kemudian pembeli yang
melakukan transaksi di dalam Lazada dapat menggunakan e-credit cards sebagai
alat pembayaran, bank transfer (BCA, Mandiri, BNI), Cash on Delivery, Cicilan,
Alipay, Virtual account, Via Indomart, Alfamart, Kredivo, Doku e-Wallet dan Pos
Indonesia.
2. Sistem
Pengiriman Barang
Untuk pemesanan
produk lebih dari satu item, pengirimannya bisa terpisah dan waktu
pengirimannya pun berbeda karena Lazada bekerjasama dengan supllier/merchant
yang berbeda-beda. Untuk produk internasional membutuhkan waktu sekitar 55 hari
kerja. Terkait dengan penjadwalan pengiriman, kurir di Lazada tidak dapat
menjadwalkan pengiriman sehingga Lazada tidak dapat menjamin pengiriman pesanan
anda di tanggal dan jam yang ditentukan. Pengiriman dilakukan setiap hari
kecuali hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Jika ada permintaan
pembatalan maka harus menghubungi http://www.Lazada.co.id/contact/. untuk
segera ditindak lanjut. Saat ini Lazada bekerja sama dengan 5 perusahaan
logistic: JNE, RPX, First Logistic, Pandu Logistic dan TIKI dan Lazada juga
memiliki kurir internal sendiri yaitu Lazada Express (LEX) untuk memberikan
pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Estimasi waktu pengiriman tergantung
perusahaan logistic.
3.
Sistem Pelacakan pesanan
Untuk dapat
mengetahui status pesanan kita bisa melacak pesanan setiap saat dengan cara Buka
www.Lazada.co.id/order-tracking Masukkan
nomor pesanan dan alamat e-mail, Klik "Periksa Sekarang" untuk
memproses. Atau bisa juga cukup dengan klik "order traccking"
di halaman web Lazada.co.id kemudian masukkan nomor pesanan dan e-mail, lalu
klik "track" untuk memeriksa status pemesanan kita.
4.
Kebijakan Produk Luar Negeri
Khusus untuk
produk luar negeri tidak ada garansi pemanufaktur sehingga sangat disarankan
untuk mencari tahu proses pemanufaktur atau tempat servis sebelum melakukan
pembelian. Kita bisa mengidentifikasi produk tersebut dengan melihat tanda
"penjual internasional" atau "dikirim dari luar negeri"
yang dicantumkan pada halaman produk. Semua produk import dari Lazada tidak dikenakan
biaya tambahan dari pelanggan (pajak). Jika ingin membatalkan pemesanan produk
luar negeri dapat dilihat pada http://www.lazada.co.id/helpcenter/.
Untuk memeriksa
garansi produk, kita bisa melihat di kartu garansi di dalam paket kita. Dan
untuk memperbaiki produk maka kita bisa mengirimkan produk ke pusat garansi
yang tertera di kartu garansi kita. Peta pusat garansi bisa dilihat di www.Lazada.co.id/service-center.
5.
Pengembalian produk
a.
Login ke akun lazada anda
b.
Klik My Order dan klik Return
c.
Isi Formulir return online
d.
Cetak formulir return
e.
Kemas barang dan lampirkan return
label
f.
Kirim kembali ke lazada
Seluruh produk yang dijual di Lazada Indonesia dijamin
100% Perlindungan Pembeli dan/atau Jaminan Kepuasan. Adapun persyaratan pengembalian
yang sah antaralain bukti pembelian, rincian bank dalam formulir pengembalian
jika pembayaran melalui bank transfer, sertakan formulir pengembalian dalam
bentuk cetak di setiap paket pengembalian, alasan pengembalian harus bersifat
sah dan persetujuan pengembalian barang terpenuhi. bisa memeriksa status
pengembalian kita di "status order" Lazada. Proses pengembalian tergantung
pada evaluasi lazada.
6.
Voucher dan Promosi
Voucher hanya bisa digunakan pada
saat konfirmasi pesanan. Lazada tidak bisa menambahkan voucher ke dalam sistem
sehingga kita harus memasukkan kode voucher di langkah pembayaran selama
konfirmasi pesanan. Sebagai catatan, kita hanya bisa menggunakan 1 voucher per
transaksi. Sementara itu, untuk dapat mengetahui tentang promosi penjualan
Lazada kita bisa mendaftar newsletter Lazada. Lazada juga menawarkan pelayanan
Marketplace yaitu penjual yang memasarkan atau menjual produknya di Lazada dan
memproses pesanan.
D.
TATA
CARA PEMESANAN DAN TRANSAKSI
1. Bukalah
situs lazada pada www.lazada.co.id
atau aplikasi online lazada melalui google play atau appstore.
2. Pilih produk
yang ingin anda beli
3. Periksa
informasi produk
4. Konfimasi ke
troli belanja
5. Masukan email
anda
6. Isi kolom
pengiriman
7. Pilih metode
pembayaran
8. Buat pesanan
anda
9. Terima
informasi pesanan
E.
KEAMANAN
DATA
Pihak Lazada
telah mengantisipasi kemungkinan masalahkeamanan yang berkaitan dengan
tercurinya database mereka denganmenggunakan firewall pada sistemnya. Kemudian
pihak Lazada juga menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer
(SSL) coding yang diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin keamanan
100% dari pencurian oleh cracker. Oleh karena itu users dihimbau untuk tidak
mengirimkan rincian lengkap kartu kredit dan debit di enkripsi komunikasi
elektronik.
F.
TREND
PENGUNJUNG
Pada
tahun 2014 pengunjung lazada perhari menjapai 500.000 pengunjung.
Hingga 2017 hampir 1juta orang mengunjungi website lazada perharinya (Rahmawan,
2016). Peningkatan pengunjung makin pesat apalagi saat terdapat diskon seperti
Harbolnas (Hari Belanja Online Nasionl). Banyaknya pengunjung di situs lazada
antara lain karena penggunaan iklan lazada, penerapan desain website dan
banyaknya jenis barang yang dijual. Lazada juga menempati posisi pertama berdasarkan
tingkat popularitas merk di Indonesia tahun 2015 (W&S
Market Research, September 2015 dalam Baskara 2016).
Qoo10 INDONESIA
A.
PROFIL
PERUSAHAAN
Qoo10
merupakan gabungan dari marketplace asal Korea Gmarket dan eBay, yang
sekarang aktif di enam Negara: Singapura, Jepang, Indonesia, Malaysia, China,
dan Hong Kong. Qoo10 mempunyai kinerja yang bagus di Indonesia. Menurut Alexa,
situs ini berada pada peringkat 173 sebagai
situs yang paling sering dikunjungi. Qoo10 merupakan sebuah platform yang
berfokus pada marketplace B2C dan C2C. Platform ini menerima
pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank, PayPal, Q-money yang merupakan
mata uang Qoo10, sembari menawarkan layanan hibah bagi para pedagang C2C nya.
Qoo10 menjual dan menyediakan barang seperti:
a. Pakaian
wanita , barang yang di jual mulai dari pakaian hingga
aksesoris fashion.
b. Kecantikan
dan diet, barang yang di jual alat-alat kecantikan dan
perlengkapan diet.
c. Pria
dan olahraga, barang yang dijual pakaian, tas, sepatu, aksesoris,
dan peralatan olahraga.
d. Digital and mobile, barang yang
dijual yaitu barang-barang elektronik.
e. Home
and living, barang yang
dijual adalah perlengkapan dapur, alat tulis belajar, otomotif dan industri
hingga peralatan kebun.
f. Bayi
dan makanan , yang dijual adalah perlengkapan bayi hingga minuman
dan makanan bernutrisi bagi bayi.
g. Deal
and entertain menjual Buku & hobi, CD & DVD dan e-Ticket.
B.
TAHUN
BERDIRI
Qoo10 Indonesia sendiri baru diluncurkan pada April 2012 dan
sejak saat itu, Qoo10 Indonesia terus mencatat pertumbuhan yang luar biasa.
C.
SISTEM
Situs ini (Qoo10) mengambil komisi antara lima sampai 12
persen dari barang yang dijual dan juga menawarkan pedagang untuk menjual
barang-barangnya ke situs Qoo10 di negara-negara lain.
D.
TATA
CARA PEMESANAN DAN TRANSAKSI
a.
Pertama masuk ke www.qoo10.co.id lalu
masuk, jika belum punya akun silahkan daftar dulu. Untuk panduan daftar
silahkan kunjungi cara daftar di qoo10 indonesia.
b.
Selanjutnya cari barang yang ingin
kamu beli, bisa melalui kolom pencarian.
c.
Sekarang
pilih jumlah atau warna, lalu klik Add to Cart lalu pilih lagi Go to cart (buy)
untuk membeli
d.
Selanjutnya
klik Pesan untuk melanjutkan pembelian.
e.
Scroll
kebawah kamu harus isi memo nya, untuk metode pembayaran silahkan sesuai yang
kamu inginkan. Di sini contoh menggunakan Paypal
lalu klik Order Now.
f.
Masuk
ke paypal kamu lalu klik login maka
prosese pembayaran berlangsung, jangan di close selama proses pembayaran
berjalan.
g.
Untuk
mengetahui barang terkirim atau belum bisa kamu cek di My Qoo10 yang ada di atas dekat sign out. Di
situ kita juga bisa melihat barang yang terkirim atau ditolak. Jika status
progres, berarti masih menunggu penyelesaian pembayaran, Jika status menjadi
shipped berarti terkirim dan kamu bisa cek trak id untuk melacak sampai mana
barang dikirim.
E.
KEAMANAN
DATA
Informasi
data pengguna disimpan dalam server Qoo10 yang
berlokasi di Republik Korea dan negara-negara lain. Qoo10 memperlakukan data
sebagai aset yang harus dilindungi dan menggunakan banyak tool atau peralatan (encryption, password, keamanan fisik, dan lain-lain) untuk melindungi data
pengguna terhadap akses pengungkapan yang tidak sah.
F.
TREND
PENGUNJUNG
Terdapat sekitar 200.000 pengunjung
setiap harinya, yang mencatatkan 700.000 page views per hari.
Serta tercatat jumlah transaksi yang dilakukan mencapai lebih dari 10.000
transaksi per hari. Maka, wajar
saja jika Qoo10 Indonesia menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia dalam hal
jumlah transaksi perhari. Beberapa hal yang membuat Qoo10 menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia,
yaitu: harga murah; tersedia aplikasi mobilenya di Blackberry, iOS, dan
android; tersedia beraneka deal dan hadiah; kemudahan pembayaran; kesempatan
belanja secara global; serta produk yang variatif.
REFERENSI
Azmi, Ulil. 2015. Profil Perusahaan Lazada
Indonesia. Diakses melalui https://www.kaskus.co.id/thread/565f31b35a5163132e8b4567/profil-perusahaan-lazada-indonesia/ pada 12 juni 2017 pukul 22.17
Baskara, IMA.,
I Putu GS. 2016. Pengaruh Online Trust Dan Perceived Enjoyment Terhadap Online
Shopping Satisfication Dan Repurchase Intention Lazada Indonesia. Jurnal Manajemen UNUD Vol. 5 No 11 tahun
2016.
Rahmawan MF,
Fanni HH. 2016. Pengaruh Strategi Penetapan Harga Diskon Harbolnas Dan Web
Quality 4.0 Lazada.Co.Id Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Sosial Ekonomi Dan Humaniora Vol. 6 No 1 tahun 2016.
www.qoo10.co.id
Komentar
Posting Komentar