TUGAS TERSTRUKTUR KEWIRAUSAHAAN “Mengamati E-Commerce Lazada dan Qoo10 Indonesia”


TUGAS TERSTRUKTUR KEWIRAUSAHAAN

“Mengamati E-Commerce Lazada dan Qoo10 Indonesia”

Tugas terstruktur dalam rangka memenuhi kewajiban dalam pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan  di Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKES UNSOED Purwokerto

Disusun Oleh:

KELOMPOK 9

Nuri Dyah Ayu Pitaloka         G1B014062
Nisrina Alifah                         G1B014063




KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS JEMDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
JURUSAN KESEHATAN MASYARAKAT
PURWOKERTO

2017
LAZADA INDONESIA
A.      PROFIL
Lazada.co.id merupakan bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Menjadi pionir di bidang e-commerce, Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang mudah bagi konsumen dan akses langsung pada database konsumen terbesar di Asia Tenggara (Lazada Indonesia). Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce, hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet asal Jerman yaitu Rocket Internet. Roket internet juga telah sukses menciptakan berbagai perusahan-perusahaan yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman. Proyek yang dimiliki Rocket Internet lainya di Indonesia antara lain zalora, foodpanda, traveloka. Setelah lazada mampu berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak terlibat dalam kegiatan operasionalnya. Pada saat ini Rocket Internet lebih berperan dari segi investasi dan pendanaannya. Selain Rocket Internet, lazada juga mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor besar seperti; JP Morgan, Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Access Industries, dan Verlinvest dengan total pendanaan sekitar $ 520 miliyar (Azmi, 2015). 
Situs resmi lazada Indonesia adalah www.lazada.co.id dengan menjual barang dengan kategori :
1.    Elektronik meliputi handphone dan tablet, komputer dan laptop, TV, kamera, wearables dan gaming.
2.    Fashion wanita meliputi pakaian, pakaian muslim, jam tangan accesories, tas, sepatu, kacamata, perhiasan dan pakaian anak perempuan.
3.    Fashion pria meliputi pakaian, pakaian muslim, jam tangan accesories, tas, sepatu, kacamata, perhiasan dan pakaian anak laki-laki.
4.    Peralatan rumah tangga meliputi elektronik rumah tangga, perlengkapandapur, furnitur dan pemeliharaan rumah.
5.    Kesehatan dan kecantikan meliputi perawatan kulit, perawatan diri, makeup, parfum, alat kesehatan dan kecantikan, alat medis, suplement makanan dan KB atau alat kontrasepsi.
6.    Bayi dan mainan anak
7.    Olahraga dan Travel
8.    Grocheries, Otomotif dan Media
Terdapat pula sub menu Highlight yang merupakan penawaran dan promo-promo yang ada di lazada. Submenu lainnya yaitu toserba kilat, namun hanya ada toserba kilat surabaya dan medan.
(Lazada Indonesia)
B.       TAHUN BERDIRI
LAZADA Indonesia didirikan pada Maret 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara.
C.      SISTEM
Sistem yang digunakan dalam lazada adalah sistem online, dengan aneka macam produk yang dijual oleh banyak orang yang menjadi seller. Sistem ini meliputi :
1.      Sistem pembelian
Metode Pembayaran Perusahaan merepakan sistem pembayaran secara online sesuai dengan segmen perusahaan yaitu penjualan secara e-commerce. Sebelum pembayaran dilakukan pembeli terlebih dahulu pemesanan barang. Kemudian pembeli yang melakukan transaksi di dalam Lazada dapat menggunakan e-credit cards sebagai alat pembayaran, bank transfer (BCA, Mandiri, BNI), Cash on Delivery, Cicilan, Alipay, Virtual account, Via Indomart, Alfamart, Kredivo, Doku e-Wallet dan Pos Indonesia.
2.      Sistem Pengiriman Barang
Untuk pemesanan produk lebih dari satu item, pengirimannya bisa terpisah dan waktu pengirimannya pun berbeda karena Lazada bekerjasama dengan supllier/merchant yang berbeda-beda. Untuk produk internasional membutuhkan waktu sekitar 55 hari kerja. Terkait dengan penjadwalan pengiriman, kurir di Lazada tidak dapat menjadwalkan pengiriman sehingga Lazada tidak dapat menjamin pengiriman pesanan anda di tanggal dan jam yang ditentukan. Pengiriman dilakukan setiap hari kecuali hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Jika ada permintaan pembatalan maka harus menghubungi http://www.Lazada.co.id/contact/. untuk segera ditindak lanjut. Saat ini Lazada bekerja sama dengan 5 perusahaan logistic: JNE, RPX, First Logistic, Pandu Logistic dan TIKI dan Lazada juga memiliki kurir internal sendiri yaitu Lazada Express (LEX) untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Estimasi waktu pengiriman tergantung perusahaan logistic.
3.      Sistem Pelacakan pesanan
Untuk dapat mengetahui status pesanan kita bisa melacak pesanan setiap saat dengan cara Buka  www.Lazada.co.id/order-tracking  Masukkan nomor pesanan dan alamat e-mail, Klik "Periksa Sekarang" untuk memproses. Atau bisa juga cukup dengan klik "order  traccking" di halaman web Lazada.co.id kemudian masukkan nomor pesanan dan e-mail, lalu klik "track" untuk memeriksa status pemesanan kita.
4.      Kebijakan Produk Luar Negeri
Khusus untuk produk luar negeri tidak ada garansi pemanufaktur sehingga sangat disarankan untuk mencari tahu proses pemanufaktur atau tempat servis sebelum melakukan pembelian. Kita bisa mengidentifikasi produk tersebut dengan melihat tanda "penjual internasional" atau "dikirim dari luar negeri" yang dicantumkan pada halaman produk. Semua produk import dari Lazada tidak dikenakan biaya tambahan dari pelanggan (pajak). Jika ingin membatalkan pemesanan produk luar negeri dapat dilihat pada http://www.lazada.co.id/helpcenter/.
Untuk memeriksa garansi produk, kita bisa melihat di kartu garansi di dalam paket kita. Dan untuk memperbaiki produk maka kita bisa mengirimkan produk ke pusat garansi yang tertera di kartu garansi kita. Peta pusat garansi bisa dilihat di www.Lazada.co.id/service-center.
5.      Pengembalian produk
a.       Login ke akun lazada anda
b.      Klik My Order dan klik Return
c.       Isi Formulir return online
d.      Cetak formulir return
e.       Kemas barang dan lampirkan return label
f.       Kirim kembali ke lazada
Seluruh produk yang dijual di Lazada Indonesia dijamin 100% Perlindungan Pembeli dan/atau Jaminan Kepuasan. Adapun persyaratan pengembalian yang sah antaralain bukti pembelian, rincian bank dalam formulir pengembalian jika pembayaran melalui bank transfer, sertakan formulir pengembalian dalam bentuk cetak di setiap paket pengembalian, alasan pengembalian harus bersifat sah dan persetujuan pengembalian barang terpenuhi. bisa memeriksa status pengembalian kita di "status order" Lazada. Proses pengembalian tergantung pada evaluasi lazada.
6.      Voucher dan Promosi
Voucher hanya bisa digunakan pada saat konfirmasi pesanan. Lazada tidak bisa menambahkan voucher ke dalam sistem sehingga kita harus memasukkan kode voucher di langkah pembayaran selama konfirmasi pesanan. Sebagai catatan, kita hanya bisa menggunakan 1 voucher per transaksi. Sementara itu, untuk dapat mengetahui tentang promosi penjualan Lazada kita bisa mendaftar newsletter Lazada. Lazada juga menawarkan pelayanan Marketplace yaitu penjual yang memasarkan atau menjual produknya di Lazada dan memproses pesanan.
D.      TATA CARA PEMESANAN DAN TRANSAKSI
1.      Bukalah situs lazada pada www.lazada.co.id atau aplikasi online lazada melalui google play atau appstore.
2.      Pilih produk yang ingin anda beli
3.      Periksa informasi produk
4.      Konfimasi ke troli belanja
5.      Masukan email anda
6.      Isi kolom pengiriman
7.      Pilih metode pembayaran
8.      Buat pesanan anda
9.      Terima informasi pesanan
E.       KEAMANAN DATA
Pihak Lazada telah mengantisipasi kemungkinan masalahkeamanan yang berkaitan dengan tercurinya database mereka denganmenggunakan firewall pada sistemnya. Kemudian pihak Lazada juga menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) coding yang diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin keamanan 100% dari pencurian oleh cracker. Oleh karena itu users dihimbau untuk tidak mengirimkan rincian lengkap kartu kredit dan debit di enkripsi komunikasi elektronik.
F.       TREND PENGUNJUNG
Pada tahun 2014 pengunjung lazada perhari menjapai 500.000 pengunjung. Hingga 2017 hampir 1juta orang mengunjungi website lazada perharinya (Rahmawan, 2016). Peningkatan pengunjung makin pesat apalagi saat terdapat diskon seperti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasionl). Banyaknya pengunjung di situs lazada antara lain karena penggunaan iklan lazada, penerapan desain website dan banyaknya jenis barang yang dijual. Lazada juga menempati posisi pertama berdasarkan tingkat popularitas merk di Indonesia tahun 2015 (W&S Market Research, September 2015 dalam Baskara 2016).

Qoo10 INDONESIA
A.      PROFIL PERUSAHAAN
Qoo10 merupakan gabungan dari marketplace asal Korea Gmarket dan eBay, yang sekarang aktif di enam Negara: Singapura, Jepang, Indonesia, Malaysia, China, dan Hong Kong. Qoo10 mempunyai kinerja yang bagus di Indonesia. Menurut Alexa, situs ini berada pada peringkat 173 sebagai situs yang paling sering dikunjungi. Qoo10 merupakan sebuah platform yang berfokus pada marketplace B2C dan C2C. Platform ini menerima pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank, PayPal, Q-money yang merupakan mata uang Qoo10, sembari menawarkan layanan hibah bagi para pedagang C2C nya. Qoo10 menjual dan menyediakan barang seperti:
a.    Pakaian wanita , barang yang di jual mulai dari pakaian hingga aksesoris fashion.
b.    Kecantikan dan diet, barang yang di jual alat-alat kecantikan dan perlengkapan diet.
c.    Pria dan olahraga, barang yang dijual pakaian, tas, sepatu, aksesoris, dan peralatan olahraga.
d.   Digital and mobile, barang yang dijual yaitu barang-barang elektronik.
e.    Home and living, barang yang dijual adalah perlengkapan dapur, alat tulis belajar, otomotif dan industri hingga peralatan kebun.
f.     Bayi dan makanan , yang dijual adalah perlengkapan bayi hingga minuman dan makanan bernutrisi bagi bayi.
g.    Deal and entertain menjual Buku & hobi, CD & DVD dan e-Ticket.
B.       TAHUN BERDIRI
Qoo10 Indonesia sendiri baru diluncurkan pada April 2012 dan sejak saat itu, Qoo10 Indonesia terus mencatat pertumbuhan yang luar biasa.
C.      SISTEM
Situs ini (Qoo10) mengambil komisi antara lima sampai 12 persen dari barang yang dijual dan juga menawarkan pedagang untuk menjual barang-barangnya ke situs Qoo10 di negara-negara lain.
D.      TATA CARA PEMESANAN DAN TRANSAKSI
a.    Pertama masuk ke www.qoo10.co.id lalu masuk, jika belum punya akun silahkan daftar dulu. Untuk panduan daftar silahkan kunjungi cara daftar di qoo10 indonesia
b.    Selanjutnya cari barang yang ingin kamu beli, bisa melalui kolom pencarian.
c.    Sekarang pilih jumlah atau warna, lalu klik Add to Cart lalu pilih lagi Go to cart (buy) untuk membeli
d.   Selanjutnya klik Pesan untuk melanjutkan pembelian.
e.    Scroll kebawah kamu harus isi memo nya, untuk metode pembayaran silahkan sesuai yang kamu inginkan. Di sini contoh menggunakan Paypal lalu klik Order Now.
f.     Masuk ke paypal kamu lalu klik login maka prosese pembayaran berlangsung, jangan di close selama proses pembayaran berjalan.
g.    Untuk mengetahui barang terkirim atau belum bisa kamu cek di My Qoo10 yang ada di atas dekat sign out. Di situ kita juga bisa melihat barang yang terkirim atau ditolak. Jika status progres, berarti masih menunggu penyelesaian pembayaran, Jika status menjadi shipped berarti terkirim dan kamu bisa cek trak id untuk melacak sampai mana barang dikirim.
E.       KEAMANAN DATA
Informasi data pengguna disimpan dalam server Qoo10 yang berlokasi di Republik Korea dan negara-negara lain. Qoo10 memperlakukan data sebagai aset yang harus dilindungi dan menggunakan banyak tool atau peralatan (encryption, password, keamanan fisik, dan lain-lain) untuk melindungi data pengguna terhadap akses pengungkapan yang tidak sah.
F.       TREND PENGUNJUNG
Terdapat sekitar 200.000 pengunjung setiap harinya, yang mencatatkan 700.000 page views per hari. Serta tercatat jumlah transaksi yang dilakukan mencapai lebih dari 10.000 transaksi per hari. Maka, wajar saja jika Qoo10 Indonesia menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia dalam hal jumlah transaksi perhari. Beberapa hal yang membuat Qoo10 menjadi salah satu  e-commerce terbesar di Indonesia, yaitu: harga murah; tersedia aplikasi mobilenya di Blackberry, iOS, dan android; tersedia beraneka deal dan hadiah; kemudahan pembayaran; kesempatan belanja secara global; serta produk yang variatif.


REFERENSI
Azmi, Ulil. 2015. Profil Perusahaan Lazada Indonesia. Diakses melalui https://www.kaskus.co.id/thread/565f31b35a5163132e8b4567/profil-perusahaan-lazada-indonesia/ pada 12 juni 2017 pukul 22.17
Baskara, IMA., I Putu GS. 2016. Pengaruh Online Trust Dan Perceived Enjoyment Terhadap Online Shopping Satisfication Dan Repurchase Intention Lazada Indonesia. Jurnal Manajemen UNUD Vol. 5 No 11 tahun 2016.
Rahmawan MF, Fanni HH. 2016. Pengaruh Strategi Penetapan Harga Diskon Harbolnas Dan Web Quality 4.0 Lazada.Co.Id Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Sosial Ekonomi Dan Humaniora Vol. 6 No 1 tahun 2016.
www.qoo10.co.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMERIKSAAN TELUR CACING PARASIT PADA FESES (METODE APUNG DENGAN DAN TANPA DISENTRIFUGASI SERTA METODE MODIFIKASI HARADA MORI)

Rindu

PEMERIKSAAN CACING TREMATODA PADA KEONG